GRAMMAR
Basic Grammar
1.Demonstrative pronouns
Adalah merupakan kata ganti penunjuk,
yang dipergunakan untuk menggantikan kata benda yang telah diucapkan terlebih dahulu. Yang merupakan demonstrative
pronoun antara lain :
This, That, These,
Those dengan rincian sebagai berikut :
- This
= ini ( kata ganti petunjuk tunggal untuk benda yang jaraknya dekat.)
- That= Itu ( kata ganti petunjuk tunggal untuk benda yang jaraknya jauh )
- These= ini ( kata ganti petunjuk jamak untuk benda-benda yang jaraknya dekat )
- Those= Itu ( kata ganti petunjuk jamak untuk benda-benda yang jaraknya jauh )
-
There= ada ( kata ganti petunjuk tunggal dan jamak utk mengidentifikasi jumlah benda )
Contoh :
- this is a book
- that is
a desk
- Those
are the erasers
- These
are the pens
- There is
a book on the table
- There
are three boxes in the cupboard
2.Kata kerja Bantu (to be )
to be is,
are dan am
1. tobe is
= digunakan untuk kata petunjuk this,
that seperti pada penggunaan this is….., that is…….
- Tobe is= digunakan untuk menerangkan subjek tunggal, seperti pada kalimat lukman is
student, Rani is smart girl dll
- Tobe is
= digunakan untuk kata ganti subjek tunggal (
he, she, It ) seperti pada penggunaan kalimat he
is Hasan, She is pupil, It is dog. ( He
= dia => sebagai kata ganti utk laki-laki,
She
= dia =>sebagai kata ganti utk perempuan, sedangkan It
= dia => sebagai kata ganti utk benda, binatang selain manusia )
- Tobe are
= digunakan untuk kata petunjuk these,
those seperti pada penggunaan these are…………., those are…………
- Tobe are= digunakan kata ganti subjek jamak (
you, we, they ) seperti pada kalimat you are my son, we
are children, they are student dll
3.Kata ganti ( pronoun)
Kata ganti / prnoun digunakan bila kita telah mengetahui nama orang, benda, binatrang, nama jenis barang tertentu hingga kita tidak perlu menyebutkannya kembali cukup ganti dengan pronoun
/ kata gantibaik bila mereka sebagai subjek, objek, sifat pemilik.(
adjective pronoun ) ataupun kata ganti pemilik (
possessive pronoun ). Pronoun bila bila kita bagi sesuai dengan fungsinya dapat kita simpulkan sepertidibawah ini :
Subject pronoun
|
Adjective pronoun
|
Possessive pronoun
|
I / saya
|
My
|
Mine / punya saya
|
You / kamu
|
Your
|
Yours / punya kamu
|
We / kami
|
Our
|
Ours / punya kami
|
They / mereka
|
Their
|
Theirs / punya mereka
|
He / dia
|
His
|
His / punya dia
|
She / dia
|
Her
|
Hers / punya dia
|
It / dia / ini
|
Its
|
Its / punya dia
|
1.
Untuk katagori subject pronoun
yang berfungsi sebagai agen / pelaku dapat berdiri sendiri contoh,nya :
I am driver, He is carpenter, It is a
goat dllatau sebagai subjek dari suatu kejadian contohnya : You
go to school , we cook the meal, They work in the office dll.
2.
Untuk katagori adjective pronoun
yang berfungsi sebagai penyifat dari sesuatu harus selalu mengikuti seseorang atau benda yang disifatinya contoh sederhananya :
My book, your dog, his god, It is our car, The are his erasers dll
3.
Untuk katagori possessive pronoun
yang bersifat menerangkan kepilikan sesuatu tidak perlu lagi mendampingi orang / benda yang dimilikinya , disebabkan kita telah mengetahui pemiliknya sebagaicontoh :
that book is mine, It is your cup. It’s yours not his dll.
4.Macam-macam kalimat ( kind of sentences )
a.Dalam bahasa inggris setiap kalimat menggunakan kata kerja. Kata kerja itu ada yang berbentuk Tobe dan kata kerja sebenarnya. Kata kerja yang menggunakan tobe (
is, am . are ) telah diterangkansebelumnya dalam bentuk waktu sekarang. Sedangkan untuk yang menggunakan kata kerja yang sebanarnya antara lain
:- Read => I read the book
- Go => We
go to The school
- Work =>
He works in the post office
- Play =>
She plays badminton dll
Rumus kalimat positif ( + )
/ kalimat berita
|
Untuk mengingatkan kembali, maka akan diberikan beberapa contoh kalimat-kalimat positif
yang menggunakan Tobe :
- He is a boy
- You are
artist
- We are
students
- They are
farmers
b. Kalimat negative yang menggunakan Tobe
Dalam kalimat negative ( kalimat menyangkal ) sesudah Tobe kita tambahkan Not contohnya :
I am not student,
He is not a girl,
She is not a boy,
They are not farmer,
It is not a ruler dll
Rumus kalimat negative ( - )
/ Menyangkal
|
c.Kalimat interrogative yang menggunakan Tobe
Dalam kalimat interrogative ( kalimat Tanya
) kata Tobe diletakan sebelum subjek. Contohnya antara lain adalah :
Am I happy ? =
> Apakah saya gembira ?
Am I student
? => Apakah saya murid ?
Are you sad
? => Apakah kamu sedih ?
Are they sick ? => Apakah mereka sakit ?
Is she a teacher
? => Apakah dia seorang guru ?
Is she a nurse
? => Apakah dia seorang perawat ?
Is it a dog
? => Apakah ini seekor anjing ?
Untuk menjawab pertanyaan interrogative ini kita hanya perlu menjawabnya derngan yes
/ no answer ( jawaban ya / tidak ). Tentunya ada cara tersendiri rumus uang diperlukan utk menjawabnya. Bilajawaban yes
/ ya rumusnya
|
Sebagai contohnya :
Are you student
? Yes, I
am
|
|
|
|
( Setiap pertanyaan yang menggunakan subjek you maka jawabannya menggunakan I begitu pula sebaliknya, adapun tobe yang dipakai tergantung pasangannya )
contoh lainnya :
Is she a girl ? Yes
, she
is Are they
school boys ? Yes, they are
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Is It a window ? Yes It
is Is It
a computer ? Ye It is
Bila jawabannya No / tidak kita menggunakan rumus :
Sebagai contohnya :
Is she a nurse ? No , she is
not Is he a doctor
? No , He is not
Is It a door ? No It is
not Is
It a car ? No It is not
5.Modal Can dan may
Modal can dan may adalah kata Bantu
yang memiliki arti tersendiri untuk can yang artinya dapat / bisa dan may artinya boleh. Maka sama dengan pemakaian tobe mereka dapat dibentuk menjadi kalimatberita /
positive, menyangkal / negative, dan interrogative
/ pertanyaan penegas.
Rumus untuk pembentukan kalimat positive adalah :
Contohnya :
- I can go
there
- The dog can
run
- The duck
can swim
- You may
come to my home
- She may
write the letter dll
Rumus untuk membentuk kalimat negative adalah :
|
||
|
|
Contohnya :
- The
elephant can not run
- The chicken
can not climb ( can not bisa disingkat menjadi can’t )
- The duck
can’t run
- You may not
run on the table
- He may not
eat too much ice cream
Rumus pembentukan kalimat interrogative
/ kata Tanya penegas adalah :
Contoh-contohnya adalah :
- Can
you swim in the sea ?
Yes , I can
No. I can’t
- May Tono come
with me ?
Yes, He may
No , He may not
- can the
deer run ?
Yes , It can
No, It can’t dll
6.Kalimat verbal
Kalimat verbal adalah kalimat yang predikatnya menggunakan kata-kata kerja atau kalimat yang menggunakan jenis tenses
simple present tense. Kata kerja yang belum berfungsi sebagai kalimat penulisannyadimulai dengan kata To. Katakata yang masih menggunakan To tersebut dinamakan infinitive
/ non finite verb.
Contoh :
To go
To read
To write dll
Kata-kata kerja tersebut diatas adalah kata kerja dalam bentuk sekarang . Jika kata-kata kerja itu digunakan dalam kalimat, Maka kata To tidak dipakai lagi.Contoh-contoh dalam kalimat antara lain
:
Subject predicate object adverb
I write English everyday
You take a
glass of
coffee from
the kitchen
He brings the
pack
bag to
school
She reads the
novel in
the library
etc
Beberapa kalimat verbal lainnya adalah :
-Kalimat verbal
yang dibentuk menjadi kalimat verbal negative.
Dalam kalimat negative kalimat verbal ini memiliki auxiliaries
do + not dan does +
not dengan ketentuan apabila subjeknya jamak / kata ganti subjeknya I,
You, We, They menggunakan = do +
not dan apabilasubjeknya tunggal / kata ganti subjeknya He,
She, It menggunakan = does + not.
I
You
We
They
|
Do not ( don’t )
|
Read English book
See any of my fault
Get on this bus
Say something true
|
He
She
It
|
Does not ( doesn’t )
|
Speak English very well
Palnt the rose flower
Run so fast
|
-Kalimat verbal
yang dibentuk menjadi kalimat verbal interrogative
Dalam kalimat interrogative kalimat verbal ini masih juga menggunakan auxilaries do dan does dengan ketentuan penggunaan yang sama akan tetapi diletakan sebelun subjek yang juga berfungsi sebagai kataTanya. Untuk lebih jelasnya lihatlah beberapa contoh di bawah ini :
Do
|
I
You
We
They
|
Read English book ?
See any of my fault ?
Get on this bus?
Say something true?
|
Does
|
He
She
It
|
Speak English Very well?
Plant the rose flower ?
Run so fast ?
|
Bagaimana merespon kalimat interrogative untuk jenis-jenis ini sama dengan keadaan di atas tadi gunakan do dan does pada akhir jawabannya seperti pada contoh-contoh di bawah ini :
Yes ,
|
I
You
We
They
He
She
It
|
Do
Do
Do
Do
Does
Does
Does
|
No ,
|
I
You
We
They
He
She
It
|
Don’t
Don’t
Don’t
Don’t
Doesn’t
Doesn’t
Doesn’t
|
7.Kalimat perintah dan kalimat larangan (
imperative and forbidden )
Dalam kalimat perintah yang menggunakan kata kerja (
verb )
, kata kerjanya selalu infinitive tanpa menggunakan S. Subjeknya pasti menggunakan You karena yang diperintah adalah orang kedua. Tetapidalam penulisan dalam penulisan You selalu dihapus. Penulisan please dapat diletakan di depan atau di belakang contoh :
Please study !
Please draw !
Please stand up !
Please sit down !
9. Interrogative pronouns
Adalah kata ganti yang dipergunakan dalam kalimat Tanya, yang pada
umumnya orang menyebut jenis-jenis kata Tanya ( question words ). Bahkan banyak
orang menyimpulkan dengan 5W + H ( what, where, who, when, whose + how ). Namun
sebenarnya pengembangannya lebih dari itu. Baik akan kita akan bahas lebih
rinci lagi.
- What = Apa (
digunakan sesuatu benda baik itu benda mati atau hidup baik yang nampak maupun
yang abstrak )
Bila suatu kalimat berita : The book is on the table
Kalimat Tanyanya : What is on the table ?
Karena kita ingin menanyakan sesuatu benda yang ada diatas meja,
maka benda tersebut diwakili dengan What.
- Where = Dimana (
digunakan untuk mengetahui suatu tempat, posisi sesuatu benda baik benda mati
atau hidup )
Bila suatu kalimat berita berbunyi seperti diatas : The book is on
the table
Kalimat tanyanya : Where is the book ?
Karena kita ingin menanyakan posisi suatu buku, maka letaknya
terwakili oleh Where.
- Who = siapa (
digunakan untuk mengetahui seseorang pelaku dari suatu peristiwa )
Bila suatu kalimat berita berbunyi : Ramadhan is calling me today
?
Kalimat Tanya : Who is calling me today ?
Karena subjek Ramadhan telah terwakili oleh kata Tanya Who.
- When = kapan (
digunakan untuk mengetahui waktu kejadian saat kalimat berita itu disampaikan )
Bila suatu kalimat berita seperti diatas : Ramadhan is calling me
today.
Kalimat tanyanya : When is ramadhan calling me ?
Karena keterangan waktu today telah terwakili oleh kata Tanya
When.
- Whose = punya
siapa ( digunakan untuk menanyakan pemilik suato benda )
Bila suatu kalimat berita tertulis : This is my book.
Maka kalimat tanyanya : Whose book is this ?
Karena kepemilikan buka yang tertulis my book telah terwakili oleh
kata Tanya Whose tinggal perubahan kalimatnya diatur kembali seperti contoh.
- Why = Mengapa (
digunakan untuk menanyakan suatu alas an mengapa suatu keadaan terjadi.
Bila suatu kalimat berita tertulis : I wash my body to get the
healthy ( saya memandikan badan supaya sehat ).
Maka kalimat tanyanya adalah : Why do you wash your body ?
Pernyataan To get healthy ( supaya sehat ) pada kalimat berita
telah terwakili dengan kata Tanya Why.
- Which = yang
mana ( digunakan apabila jawaban dqari suatu pertanyaan membutuhkan jawaban
pilihan pada kalimat berita itu sendiri )
Bila ada suatu pernyataan tertulis : The red box is bigger than
the blue box ( kotak merah lebih besar dari kotak biru ).
Maka kalimat tanyanya : Which is bigger the red box or the blue
one ?
- How = Bagaimana
( digunakan untuk mengetahui suatu keadaan seseorang, tempat atau benda sebagai
gambaran singkatnya )
Bila terdapat suatu pernyataan : I am fine
Maka kalimat tanyanya : How are you ? ( fine dalam kalimat
pernyataan diatas dihilangkan karena sudah terwakili oleh How.
- How many =
berapa banyak ( digunakan untuk menanyakan jumlah dari suatu subjek / objek
yang nampak dalam keadaan nyata )
Bila terdapat pernyataan sbb : I have two books in the bag.
Maka pertanyaannya : How many book do you have in the bag ? ( kata
two kalimat pernyataan diatas dihilangkan sebagai gantinya adalah kata Tanya
how many.
- How much =
berapa banyak / berapa harga ( untuk tingkat level sekolah dasar banyak
digunakan untuk menanyakan harga ).
Bila terdapat suatu pernyataan sbb : His new bag is Rp 13.000
Maka pertanyaannya : How much is his new bag ? ( pernyataan Rp
13.000 sudah terwakili oleh kata Tanya How much )
10. Kalimat bentuk sekarang yang sedang berlangsung ( present
continous tense )
Bentuk kalimat ini dipergunakan untuk menyatakan kejadian yang
sedang berlangsung saat ini. Pernyataannta secara spontanitas saat suatu
keadaan terjadi. Bentuk kalimat ini biasanya selalu berdampingan dengan bentuk
present tense ( yang kita telah pelajari sebelumnya ).
Kata Bantu Tobe ( Is, am, are ) dibutuk bagi setiap subjek yang
akan muncul. Perlu diingatkan kembali masing- masing Tobe diatas dengan bagan
dibawah ini :
I
|
am
|
You
We
They
Subjek jamak
|
Are
|
He
She
It
Subjek tunggal
|
Is
|
Seperti bentuk tenses yang lainnya, kalimat ini pula
terdapat bentuk positive / berita, negative / penyangkalan, Interrogative /
pertanyaan penegas.
Rumus bentuk positive :
Subject
|
Tobe
|
Verb + ing
|
Contohnya :
I am
writing
You are listening to the radio
He is catching the
ball
She is cooking the meals
He is going to school
The cat is walking
We are cleaning the classroom dll
@ catatan : untuk kata kerja yang berakhiran huruf e maka
dihilangkan dan langsung + ing
kadang untuk kata kerja yang berakhiran dengan huruf p,n
digandakan setelah itu + ing.
Rumus bentuk negative :
Sublect
|
Tobe
|
Not
|
Verb + ing
|
Contohnya :
I am not writing the English
lesson You are not listening to
the radio
He is not catching the
ball
She is not cooking the meals
He is not going to
school
The cat is not climbing the wall
We are not cleaning the room
dll
@ catatan : pada kalimat negative yang menggunakan Tobe sering
terjadi penyingkatan pada saat tobe + not seperti : Is not disingkat = isn’t
are not = aren’t
Rumus :bentuk interrogative ( ? )
Tobe
|
Subject
|
Verb + ing ?
|
Contohnya :
Am I writing the English lesson
? Are you listening
to the radio ?
Is he catching the ball
? Is
she cooking the meals ?
Is he going to school
?
Is the cat climbing the wall ?
Are we cleaning the room
?
dll
11. Penempatan kata Tanya pada bentuk-bentuk kalimat. ( placement
of question word in sentence forms )
Tentunya kita pasti meletakan kata Tanya di depan kalimat sebagai
target jawaban yang diinginkan. Akan tetapi karena dalam behasa Inggris ada
aturan yang mengikat pada setiap bentuk kalimat yang menyebabkan setiap
kalimat Tanya harus megikuti aturan yang sudah baku. Dalam pembahasan nomor ini kita akan mendiskusikan kalimat
Tanya yang dibuat dalam bentuk present tense dan continous tense.
a.Bagian pertama kalimat Tanya bentuk present.
Untuk mempermudah memahaminya kita menggunakan bagan rumus dibawah
ini :
Question words
|
Do / does
|
Subject
|
Verb 1 ?
|
Untuk klasifikasi penggunaan do / does sudah pernah dibahas pada
bagian sebelumnya tinggal kita memilihnya sesuai dengan subjeknya yang akan
kita tanyakan. Lebih jelasnya dibawah ini disajikan perubahan-perubahan dari
kalimat positif ke bentuk pertanyaan yang menggunakan kata Tanya :
I come from Australia =========
>
Where do you come from ?
She brings the
basket to the
market ======
> What
does she bring to the market ?
He buys four
new bicycles =========
>
Who does buy four new bicycles?
We work overtime on
Saturday. ========
> When do
you work overtime ?
They look five pictures on the wall. ====== > How many picture do they
look on the wall ?
The tiger eats 2 kilo of
meat everyday
===== >
What does the tiger eat everyday ?
b.Bagian kedua adalah kalimat Tanya dalam bentuk present continous
.
Ulasan bentuk kalimat ini kita telah bahas bersama pada bagian
sebelumnya, hanya pengembangannya bila ditambahkan kata Tanya, bagaimana kita
membentuknya. Untuk mudahnya lihatlah bagan berikutnya :
Question words
|
Is, am, are
|
Subject
|
Verb + ing ?
|
Untuk klasifikasi penggunaan tobe is, am, are sudah pernah dibahas
pada pembahasan sebelumnya tinggal kita memilih mana yang tepat untuk pasangan
subjek yang kita inginkan. Tak beda dengan pembahasan yang pertama tadi, kita
akan melihat perubahan-perubahan dari bentuk kalimat positif menjadi bentuk
pertanyaan yang menggunakan kata Tanya :
I am playing computer in the lab ====== >
Where are you playing the computer ?
She is bringing some money to the market ===
> What is she bringing
to the market ?
My father is buying four new bicycles ==== > Who is
buying four new bicycles ?
We are working until late today ====== >
When are we working until late ?
They are looking five pictures on the table.
===> How many picture
are they looking on the table.
The elephant is drinking 20 gallons a day ===
> What is
the elephant drinking a day ?
12.Penggabungan dua kata kerja ( gerund and to infinitive )
Penggabuangan dua kata kerja satu saat akan kita temui baik dalam
bentuk tulisan maupun lisan. Begitu pula pada pelajaran bahasa Inggris di
tingkat sekolah dasar mulai sedikit diperkanalkan. Akan tetapi tentunya tidak
banyak seperti tingkatan sekolah menengah.
Bentuk kalimatnya juga bisa disesuaikan dari beberapa macam tenses
( bentuk kalimat ) pada tingkat sekolah dasar hanya dalam bentuk present tense.
Dan kata kerja awalnya hanya like, want, need sesuai dengan tingkat pemahaman
pada tingkat dasar guna mendukung percakapan mereka sehari-hari.
Verb 1
|
Gerund / to infinitive
|
Like
Want
Need
|
Playing
To play
To drink
To eat
|
Catatan : like = suka ;
want = suka ; need = butuh
Disajikan beberapa contoh yang sering kita temui :
- I like playing
badminton in the hall
- Do you like to
play chest with me ?
- My family like
growing the flower in the yard
- You don’t want
to drive the car so fast
- She wants to eat
avocado juice
- They need to fix
the error
- We need to eat
hygienic food
13.Kata sifat & kata sifat perbandingan ( adjective &
comparison adjective )
a;Dimulai dari kelas rendah pada tingkat sekolah dasar sebenarnya
sudah diperkenalkan dengan beberapa kata sifat yang sederhana dan sering
anak-anak gunakan di dalam kehidupan sehari-hari. Maka dimulai dari kelas
tinggi pada tingkat sekolah dasar pula diperkenalkan dengan kata sifat pembanding.
Ada beberapa
katagorfi kata sifat yang biasa kita jumpai sehari-hari utamanya pada yang
dapat dipahami oleh anak-anak sekolah dasar :
- katagori warna
seperti : red, white, blue, red, purple, orange, black dll
- katagori ukuran
seperti : big, small, tall, short, fat, thin dll
- katagori
kwalitas : smart, clever, stupid, foolish, easy, difficult, handsome,
beautiful, ugly dll
- Katagori umur :
old, young, new dll
Karena mereka merupakan kata sifat, posisinya selalu memdampingi
kata benda yang disifatinya seperti :
Small eyes, big book, young women, old man dll
Kadang pula diposisikan sebagai objek yang menerangkan sujek
seperti :
He is fat, The elephant is big and tall, the shirt is white, the
girl is beautiful dll
b.Kata sifat pembanding dalam bahasa inggris lebih banyak
dipelajari dikelas tinggi sekolah dasar bahkan ada yang memulainya di kelas 4
sekolah dasar, Hal ini dilakukan oleh banyak pengajar dengan
mempertimbangkan ini membutuhkan susunan kalimat yang sedikit majemuk,
Karena sebagai kata sifat pembanding dari suatu subjek,
maupun objek minimal ada dua subjek ataupun objek yang dibandingkan.
Karena berubah fungsinya menjadi pembanding maka tentunya ada
perubahan sedikit dari kata dasarnya :
1.
dengan rumus : Kata sifat ( adjective ) + er dengan
ketentuan kata sifat dasarnya hanya memiliki 1 ( satu ) suku kata seperti
cotoh :
Big == > bigger
Small ==== > smaller
Short === > shorter
Tall === > taller dll
2.
Dengan rumus : more + kata sifat ( adjective ) dengan ketentuan
kata sifat dasarnya memiliki minimal dua suku kata atau lebih seperti contoh :
Handsome ===== > more handsome
Beautiful ======= > more beautiful
Difficult ======= > more difficult
Pada sebuah struktur sebuah kalimat kata sifat pembanding (comparison
) diletakan setelah predikat ( tobe / verb ) yaitu setelah kata Bantu / kata
kerja.
Subject
|
Predicate
|
Comparison + than
|
Object
|
I
|
Am
|
Older than
|
Adi
|
The dog
|
Run
|
Faster than
|
duck and chicken
|
Rudi and budi
|
Are
|
Smarter than
|
Hasan
|
Rina
|
Is
|
More beautiful than
|
Wati
|
Andi
|
Is
|
More handsome than
|
Jono
|
Mathematic
|
Is
|
More difficult than
|
Science
|
|
|
|
|
Catatan : Ada dua jenis kata sifat pembanding yang tidak menggunakan cara diatas
atau lebih tepatnya perubahan bentuk yang tidak beraturan seperti pada :
Kata sifat : good
======== > better
Bad ======= ==> worse
14.Kalimat bentuk lampau sederhana ( simple past tense )
Sebenarnya untuk siswa seko;ah dasar pembahasan bentuk kalimat
past tense ini hanyalah sebagai introduction ( perkenalan ) ataupun sebagai
teori tambahan dimana ada beberapabuku pelajaran sekolah dasar yang kita temui
tidak membahasnya, dan bila ada ada dalam suatu buku pe;ajaran tertentu hanya
sebagai pelengkap suatu wacana cerita lampau.
Namun ada baiknya kami sampaikan disini sebagai bahan pengetahui
agar lebih mudah memahaminya di sekolah menengah nanti,
Kegunaan kalimat bentuk lampai ini ada;ah :
a.Dipergunakan untuk menyatakan suatu pekerjaan, perbuatan ataupun
peristiwa di waktu lampau dan waktu tertentu pula serta sudah selesai dilakukan
/ terjadi.
b.Dipergunakan untuk menyatakan suatu pekerjaan, perbuatan ataupun
peristiwa yang dilakukan di waktu lampau dengan jelas walaupun waktunya tidak
ditentukan.
Di bawah ini akan disajikan susunan / rumus bentuk kalimat lampau
:
1.kalimat posif / berita ( + )
Subject
|
Verb 2
|
Compliment
|
|
Contoh : I
wrote the story
He walked on the sidewalk yesterday
You went to the zoo
2.Kalimat negative / penyanggah
Subject
|
Did not / didn’t
|
Verb 1
|
compliment
|
Contoh
: I didn’t write
the story
He didn’t walk on the park
You didn’t go to the zoo
Untuk kalimat negative menggunakan kata Bantu ( Did ) + not
kemudian kata kerjanya kembali kebentuk semula.
3.Kalimat Tanya / interrogative
Did
|
Subject
|
Verb 1
|
compliment
|
Contoh :
Did you write the story
Did he walk on the park
Did they go to the zoo
Tentunya kamu sekalian masih bertanya-tanya bagaimana membentuk
kata kerja ke 2 ( verb 2 ), maka akan kita bahas bagaimana pembentukannya.
Pembentukannya terbagi dua yaitu ada yang beraturan dan yang tidak
beraturan.
a.Beraturan ( regular verb ) bentuk ini terbentuk oleh penambahan
suku kata ed pada kata kerja dasar seperti contoh di bawah :
walk ====== > walked
stop======= > stopped
climb ====== > climbed
wash ====== > washed
watch ====== > watched
listen ====== > listened
kick ======= > kicked
look ======= > looked
work ====== > worked
dll
b.Tidak beraturan ( irregular ) bentuk ini terbentuk oleh aturan
yang sudah bakuseperti
contoh :
go ======== > went
eat ======== > ate
get ======== > got
stand ====== > stood
write ====== > wrote
drink ===== > drank
sit ======= > sat
sleep ===== > slept
throw ====== > threw
speak ====== > spoke
take ======= > took